Kamis, 25 Juli 2013

Hidup Sehat Dengan Jalan Kaki

Tahukah Anda aktivitas berjalan kaki dapat memperpanjang hidup anda 1,5 sampai 2 menit? Selain itu banyak studi yang menunjukan bahwa orang yang jalan kaki secara teratur akan memberi dampak positif bagi kesehatan seperti hidup lebih lama,berat badan berkurang, memiliki tekanan darah yang normal, dan menikmati kesehatannya lebih baik jika dibandingkan dengan orang yang jarang jalan kaki.
Banyak manfaat jalan kaki yang bisa kita peroleh diantaranya
  • Meningkatkan harapan hidup lebih lama
Jalan kaki lebih dari satu jam perhari meningkatkan harapan hidup secara signifikan, menurut sebuah studi tahun 2011. Para peneliti mengamati 27.738 peserta antara 40 sampai 79 selama  periode 13 tahun. Anehnya, biaya medis mereka tidak meningkat meskipun mereka hidup lebih lama. "Peningkatan harapan hidup dengan jalan kaki akan membawa perubahan besar dalam kesehatan dan biaya medis," tulis para penulis penelitian.
  • Dapat mencegah diabetes
Hanya dengan 30 menit anda jalan kaki sehari dapat mencegah penyakit seperti diabetes tipe 2, sebuah penelitian tahun 2002 memantau kedua kelompok laki-laki dan perempuan yang kelebihan berat badan dan berat badan normal pada sebuah populasi yang beresiko tinggi terhadap penyakit ini. Jika anda memiliki diabetes, jalan kaki sangat membantu anda. Jalan kaki sepanjang 1km atau lebih sehari dapat memotong resiko kematian hingga 50 %,berdasarkan sebuah studi tahun 2007.
  • Dapat menjaga pikiran tetap tajam
Jalan kaki sekitar 9-14 km dalam seminggu dapat mencegah resiko penurunan konsentrasi, memori dan pikiran, menurut sebuah penelitian yang mengamati 299 manula selama periode 9 tahun. Selain itu jalan kaki sejauh 8 km per minggu dapat memberikan perlindungan kepadamemori dan bidang pengetahuan dari otak mereka yang menderita penyakit Alzheimer atau gangguan kognitif ringan dan memperlambat terjadinya kehilangan memori.
  • Membantu mengurangi tekanan darah  
Jalan kaki jika dilakukan secara rutin selama 30 menit per hari, 3 hingga 5 kali per minggu dipercaya dapat mengurangi tekanan darah.
  • Sangat baik untuk kesehatan tulang
Jalan kaki jika dilakukan secara rutin juga diketahui dapat menyebabakan kepadatan tulang pasca masa monopouse wanita, mencegah osteoporosis, dan dapat membantu mengurangi nyeri osteoarthritis.
  • Memperkecil resiko terkena stroke
Menurut sebuah penelitian yang mengamati lebih dari 11.000 alumni Universitas Harvard dengan usia rata-rata 58 , jalan kaki sepanjang 20 km per minggu atau lebih dapat mengurangi terjadinya stoke sebanyak 50 %.
  • Meningkatkan " mood "
Jalan kaki selama 30 menit bisa meningkatkan suasana hati dan mengurangi perasaan tegang dan depresi, menurut penelitian yang dipublikasikan dalam British Journal of Sports Medicine.
  •  Jalan kaki cukup efektif membakar kalori
Jalan kaki selama 20 menit setiap hari cukup efektif dalam membakar kalori. Mereka yang menerapkannya mengalami penurunan bobot badan rata-rata 7,5 kg dalam setahun.
  •  Jalan kaki membantu mengatasi masalah insomnia
Punya masalah sulit tidur? Cobalah berjalan-jalan secara cepat selama 45 menit di pagi hari, 5 hari dalam seminggu. Hal ini dipercaya dapat membantu anda yang mengalami masalah insomnia atau sulit tidur, menurut penelitian dari Fred Hutchinson Cancer Research Center di Seattle, yang meneliti perempuan dari usia 50-74.
  • Jalan kaki baik untuk kesehatan jantung
Wanita yang berjalan-jalan cepat selama tiga jam atau lebih dalam seminggu setidaknya telah mengurangi risiko penyakit jantung mereka sebesar 30-40 persen, menurut sebuah analisis terhadap lebih dari 72.000 wanita berusia 40-65. Sebuah studi yang berbeda menunjukkan bahwa jalan kaki dapat mengurangi risiko penyakit jantung koroner hingga 50% untuk pria antara usia 71 hingga 93.
Begitu banyak manfaat jalan kaki untuk kesehatan. Jalan kaki adalah bentuk olahraga yang sederhana dan bisa dilakukan siapa saja.

Sumber : artikelkesehatan99.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar